7 kiper terbaik di dunia

   Sepakbola merupakan permainan yang tujuannya mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dan menjaga gawang sendiri dari kebobolan. Sering kali pemain yang terkenal atau yang mendapat perhatian adalah pemain striker, gelandang, atau bek. Jarang sekali kiper mendapat sorotan, kecuali kalau ia membuat kesalahan pasti sorotannya kepada kiper tersebut. Padahal, kiper hebat akan membuat 10 pemain di depannya akan merasa aman dan dapat berkonsentrasi dalam mencetak gol. Untuk itu, berikut akan saya berikan 7 kiper terbaik versi saya. enjoy it 🙂

7. Rogerio Ceni
    Rogerio Ceni memang tidak memiliki kemampuan yang mengagumkan dalam hal menjaga gawang. Tetapi, tidak seperti kiper lainnya, Ceni dapat membantu timnya dalam mencetak gol!! Benar, Ceni memiliki kelebihan dalam mencetak gol melalui bola mati, yaitu tendangan bebas dan penalti yang akurat serta ia dapat melakukan sundulan jika ia maju pada saat timnya mendapat tendangan sudut. Ia pun menjadi kiper pertama dan masih satu-satunya yang dapatmencetak hatrick!! Bahkan, pada tanggal 27 Maret 2011 saat timnya, Sao Paolo, menghadapi musuh bebuyutannya, Corinthians, Ceni membukukan golnya yang ke-100… cool!!!
6. Gianluigi Buffon
    Siapa yang tidak mengenal kiper yang satu ini? Semua pecinta sepakbola pasti pernah mendengar kiper berkebangsaan Italia ini. Ya, Gianluigi “Gigi” Buffon memang lah salah satu kiper terbaik yang pernah ada. Pembawaannya yang tenang, reflek yang bagus, dan gerakannya yang cekatan membuat kiper yang satu ini membuat takut lawan-lawannya. Prestasinya pun cukup banyak. Penampilan yang paling dikenang sepanjang penampilannya tentu saja pada saat mengantar Italia menjadi juara di Piala Dunia 2006 di Jerman. Bukan hanya itu, di turnamen tersebut ia hanya kebobolan 2 gol, itu pun dari bunuh diri Christian Zaccardo dan tendangan penalti Zinadine Zidane.
5. Van Der Sar
    Kiper berkebangsaan Belanda yang bernama lengkap Edwin Van Der Sar ini memang sangat mengagumkan. Walaupun usianya sudah 40 tahun, ia tetap menjadi penjaga gawang utama yang tak tergantikan di Manchester United. Bahkan, pada saat ia mengumumkan akan pensiun di akhir musim ini, pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, kalang kabut mencari pengganti yang sepadan dengan kiper memiliki tinggi 197 cm ini. Semua ini tentu bukan tanpa alasan. Van Der Sar selalu bermain apik, terutama sewaktu berhadapan dengan Chelsea di Community Shield 2007 dengan menahan semua tendangan penalti pemain Chelsea sehingga Manchester United memenangkan duel melalui adu penalti. Selain itu, tangkisannya menghalau tendangan Nikolas Anelka di final Liga Champions Eropa 2008 membuat timnya meraih title ke-3nya di Eropa. Van Der Sar pun pernah mencatat rekor menjadi kiper terlama di Liga Inggris yang tidak kebobolan, yaitu tidak kebobolan selama 1311 menit!! Tidak salah jika pendukung Manchester United menjulukinya Edwin Van Der Save.
4. Peter Schmeichel
    Peter Boleslaw Schmeichel adalah nama lengkap kiper berkebangsaan Denmark yang lahir pada 18 November 1963 ini. Kiper terbaik yang pernah dimiliki Denmark ini bukanlah kiper sembarangan, ia memiliki refleks dan keberanian yang sangat tinggi. Schmeicel tidak hanya lincah menggunakan tangannya untuk menghalau bola, tapi juga menggunakan kaki, bahkan kepalanya! Dia juga menjadi salah satu kunci Manchester United mampu memborong Treble Winner pada musim 1998/1999. Dunia mungkin merasa kehilangan salah satu kiper terbaik setelah Peter memutuskan untuk mundur dari sepakbola, tetapi dia meninggalkan warisan yaitu anaknya yang bernama Kasper Schmeichel. Kita nantikan saja apakah Kasper dapat menandingi atau bahkan melebihi keberhasilan sang ayah.
3. Dino Zoff
    Awal karir Dino Zoff dapat dikatakan tidak cukup bagus. Di umur 14 tahun, dia sempat menjalani trial di Juventus dan Inter Milan, tapi sayang ditolak karena tinggi tubuhnya kurang proposional. Ketika berusia 19 tahun (dan bertambah tinggi 33 centimeter) Zoff akhirnya bergabung dengan Udinese. Karir Zoff menanjak setelah berhasil mengantarkan negaranya, Italia, menjuarai Euro di tahun 1968 di saat dia baru menjalani 4 pertandingan Internasionalnya bersama Italia. Walaupun kemudian ia tidak diikut sertakan di Piala Dunia 1970. Pada 1982 saat ia menjadi kapten tim, ia berhasil membawa Italia juara Piala Dunia di usia 40! Hal ini menjadikannya pemain tertua yang berhasil menjuarai Piala Dunia, rekor tersebut belum ada yang mengalahkannya sampai saat ini.
2. Gordon Banks
    Saat ini timnas Inggris memang dikenal sebagai negara hebat tetapi sangat sulit mancari kiper untuk menjaga gawang mereka. Tetapi pada tahun 1960-an, Inggris pernah memiliki kiper hebat yang bernama Gordon Banks. Gordon bukanlah kiper sembarangan, prestasi terbesar tentu saja saat berhasil membawa Inggris juara Piala Dunia 1966 di hadapan publik sendiri di Inggris, yang mana ini lah satu-satunya gelar juara yang pernah diraih oleh timnas Inggris. Tetapi prestasi yang paling diingat publik pecinta sepakbola bukanlah itu, tetapi 4 tahun kemudian saat Inggris behadapan dengan Brazil di penyisihan grup Piala Dunia 1970 di Mexico. Pada saat itu Gordon Banks berhasil melakukan penyelamatan gemilang (dan banyak yang menobatkan sebagai penyelamatan terbaik sepanjang masa). Banks berhasil menghalau sundulan Pele walaupun posisinya yang sangat mustahil untuk menghalau sundulan tersebut. Pada saat menyundul bola, Pele pun juga sudah yakin akan gol dan berteriak “GOAL” tetapi langsung kaget melihat Banks dapat menepis sundulannya (pada saat itu Banks juga tidak menyadari bahwa ia berhasil menangkisnya, ia baru menyadari setelah penonton memberikan applaus dan ia melihat bola menuju papan iklan).
1. Lev Yashin
   Dan inilah kiper terbaik sepanjang masa, Lev Yashin! Kiper berkebangsaan Uni Soviet yang lahir pada 22 Oktober 1929 ini memiliki kemampuan yang sangat luar biasa. Tidak ada kiper di dunia ini yang dapat melampaui kehebatan kiper yang berjuluk “Black Spider” ini. Bukan hal yang terlalu mengada-ngada, ia memiliki reflex yang sangat luar biasa, seperti memiliki 8 tangan bagaikan laba-laba. Rekor yang mungkin tidak bakal dipecahkan kiper yang lain di dunia ini tentu saja jumlah tendangan pinalti yang dapat ditahannya yang berjumlah sekitar 150 tendangan pinalti, wow! Tapi sayang karirnya yang cemerlang kandas gara-gara cedera lututnya yang berkepanjangan. Bahkan kaki kirinya harus diamputasi pada tahun 1986. Kiper yang dianugrahi IFFHS (International Federation of Football History & Statistic) sebagai kiper terbaik pertama setelah Gordon Banks (urutan 2) dan Dino Zoff (3) ini akhirnya meninggal dunia pada 1990 setelah mengalami komplikasi di kaki kirinya yang diamputasi.
Inilah daftar kiper terbaik menurut pendapat saya, terima kasih 😀
source: my little idea & wikipedia
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s