[No Spoiler Review] Now You See Me 2; Ketika Para Pesulap Kembali Beraksi

now-you-see-me-2-e1458141262573
Foto oleh Lionsgate

      Now You See Me merupakan salah satu film yang mengejutkan di tahun 2013. Mengunakan latar tentang sulap, dengan cerita yang begitu rumit tapi asik, serta plot twist diakhir yang tak terduga –plot twist yang ingin mengulangi The Usual Suspect, tapi masih kurang– membuat Now You See Me mencuri perhatian. Dengan ending yang tidak menandakan bakal adanya film lanjutan, tapi karena kesuksesan film tersebut membuat Lionsgate memutuskan untuk membuat sequelnya, Now You See Me 2.

      Now You See Me 2 masih bercerita tentang empat pesulap yang disebut The Four Horseman — dalam translate Indonesia disebut ‘Para penunggang kuda’, pfft– yang beranggotakan J. Daniel Atlas (Jesse Eisenberg), Merritt McKinney (Woody Harrelson), Jack Wilder (Dave Franco), serta anggota baru Lula (Lizzie Chaplan) yang menggantikan posisi Henley Reeves yang diperankan Isla Fisher pada film sebelumnya. Plot juga masih sama mengenai The Four Horseman yang dibantu oleh anggota FBI sekaligus mentor mereka, Dylan Rhodes (Mark Ruffalo), menggunakan bakat mereka dalam melakukan trik sulap untuk mengungkap keadilan dibawah naungan ‘The Eye’.

      Para pemeran kembali memerankan karakter masing-masing dengan baik. Seperti film sebelumnya saya suka karakter Dylan yang diperankan Mark Ruffalo, tapi dalam film ini Lizzie Chaplan menurut saya merupakan tambahan yang paling menyenangkan dalam film ini. Dia berhasil menambahkan kekonyolan dalam grup The Four Horseman serta bukan hanya menjadi tokoh wanita yang hanya menjadi pelengkap. Selain Lizzie Chaplan film ini juga memperkenalkan tokoh baru yang diperankan oleh Daniel Radcliffe bernama Walter Mabry sebagai tokoh antagonis. Selain itu film ini menyimpan 1 tokoh kejutan, yang kadang menyenangkan kadang apa banget, tapi cukup signifikan untuk pengembangan plot.

      Posisi sutradara kali ini diambil alih oleh Jon M. Chu, yang sukses menyutradarai Step Up 2 dan Step Up 3D. Dalam film ini sang sutradara berhasil mengolah trik-trik sulap yang terkesan aneh menjadi sesuatu yang indah. Dia sepertinya berhasil menterjemahkan pengalamannya dalam 2 film Step Up ke dalam film NYSM 2 ini sehingga disaat kita menyadari bahwa sulap yang ditampilkan terkesan janggal dan hanya trik CGI, tapi kita bisa menikmati keindahan trik tersebut dan mungkin sejenak terpikirkan bahwa memang hal ini bisa dilakukan di dunia nyata.

   Walau dalam segi cerita film ini tidak bisa menyaingi kekompleksitasan film sebelumnya, tapi masih tetap bisa mempermainkan penontonnya. Sayangnya, entah mungkin karena terlalu banyak referensi film atau pengalaman dari film NYSM sebelumnya, ada beberapa bagian film –yang jika memperhatikan detil dialog dan trik yang digunakan sebelumnya– bakalan bisa menebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Selain itu film NYSM 2 ini juga mencoba kembali untuk memberikan kejutan mengenai pengungkapan karakter pada bagian akhir seperti film sebelumnya, yang walaupun sama-sama tak terduga, tetapi tidak terlalu memberikan sesuatu yang sama mengejutkannya seperti film sebelumnya, sekali lagi hal ini jika memang memperhatikan detil dari awal.

     Secara keseluruhan film ini merupakan film bergenre heist yang menyenangkan, dan mengingatkan saya pada film Ocean’s Eleven. Walaupun sulap difilm ini hanya menjadi sisipan saja, tetapi ketika dipertontonkan bakal memanjakan secara visual dan menyenangkan. Bagi yang belum sempat menonton film sebelumnya, tidak perlu menonton terlebih dahulu untuk menonton film ini, walaupun ada beberapa esensi film yang bakal lebih mengena jika sudah menonton film sebelumnya. Bagi yang menyukai film NYSM ini, bersiaplah karena sequel NYSM 3 sudah dalam rencana pembuatan.

Rating film: ★★★½

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s