[Ulasan Film] Sully; Cerita dibalik The Miracle on the Hudson

cmizrmkukaas8-9
Foto oleh Warner Bros.

★☆

            “This is your captain, brace for impact.”

      Pernahkan kalian ketika sudah mengambil sebuah keputusan kemudian selalu memikirkan apakah keputusan itu adalah yang terbaik? Itulah yang dialami pilot America Airline, Chesley “Sully” Sullenberger (diperankan Tom Hanks), setelah ia dan first officer Jeff Skiles (Aaron Eckhart) memutuskan untuk mendaratkan secara darurat pesawat yang mereka kendalikan ke sungai Hudson, New York City, setelah mengalami insiden sesaat setelah lepas landas.

      Film ini memang tidak hanya berfokus kepada peristiwa “miracle on the Hudson” pada 15 Januari 2009, tetapi berfokus pada apa yang dialami Sully setelah kejadian itu terkait tentang investigasi yang dilakukan pengawas penerbangan Amerika Serikat. Sully “dihantui” pikirannya sendiri apakah keputusan yang ia ambil sudah tepat, ataukah ia mengambil keputusan yang salah dan membahayakan nyawa penumpangnya.

      Sebagai film yang diangkat dari kisah nyata yang belum lama ini terjadi, tidak heran sang sutradara Clint Eastwood memilih mengangkat cerita tentang apa yang terjadi setelahnya, mengingat warga Amerika Serikat ataupun dunia yang mengikuti berita tersebut sudah tau hasil akhirnya. Saya waktu itu juga agak mengikuti  kisah peristiwa tersebut, tapi tetap aja terhibur dan dibuat penasaran, terutama pada aksi penyelamatan dan juga kondisi sekitar pada saat kejadian. It’s freezing out there.

   Selain itu penonton juga akan ditunjukkan bagaimana NTSB (National Transportation Safety Board) mempertanyakan keputusan Sully dan memberikan data simulasi bahwa ia sebenarnya bisa kembali ke bandara dengan selamat. NTSB di sini menjadi organisasi antagonis yang menyebalkan, tipikal orang pemerintahan yang seringkali digambarkan oleh Hollywood, tapi bedanya ini diangkat dari kisah nyata.

    Dari segi akting, film ini merupakan sebuah pertunjukan lain dari Tom Hanks yang seperti biasa berhasil membawakan karakter yang tangguh dan percaya diri, tetapi juga professional dan tidak menganggap dirinya seorang pahlawan. Pemeran pendukung yang cukup berarti adalah Aaron Eckhart sebagai first officer Jeff Skiles, yang sedikit bertolak belakang dengan Sully (guyonannya di akhir film menurut saya lucu). Entah cuma saya atau enggak, pemain ekstras difilm ini terlihat amatir pada saat adegan peristiwa kecelakaan dan penyelamatan.

      Walaupun adegannya rada maju mundur dan memiliki adegan flashback yang saya rasa gak perlu, Sully menawarkan cerita drama yang alurnya cukup asik. Penceritaan drama setelah terjadi peristiwa yang apik dan ditutup dengan adegan klimaks yang cukup menyenangkan menjadikan Sully layak ditonton bagi penyuka drama dari kisah nyata.

Rating film: ★★★½

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s