[Ulasan Film] Moana; Penuh Keajaiban dan Sarat Makna Kuat

moana_ver5
Foto oleh Walt Disney Animation Studios

      Disney dikenal dengan ‘jagonya’ film animasi dan banyak orang yang masa kanak-kanaknya tumbuh bersama film-film Disney, terutama bagi anak perempuan. Tapi memasuki millennium baru, kualitas film yang dihasilkan Walt Disney Animation Studios tidak bisa menyamai film-film mereka sebelum tahun 2000. Sampai akhirnya mereka membeli Pixar pada tahun 2006 dan akhirnya pimpinan Pixar,  John Lasseter, merangkap jabatan juga sebagai  pimpinan Walt Disney Animation dan mengembalikan kualitas animasi Disney diawali dengan rilisnya Tangled.

      Kisah film Moana (disuarakan pendatang baru kelahiran Hawai, Auli’i Cravalho) ini terinspirasi dari dongeng dari daerah Polinesia tentang manusia setengah dewa bernama Maui (disuarakan dengan apik oleh Dwayne “The Rock” Johnson”. Di pulau yang ditinggali Moana –yang merupakan anak kepala suku—bersama sukunya tersebut secara visual bagaikan sebuah mimpi dan imajinasi waktu kecil, penuh warna dan dengan pemandangan alam yang indah di mata. Tapi semua berubah ketika terjadi sesuatu akibat Maui dan membuat Moana ingin menyelamatkan tempat tinggalnya.

      Walau masih memiliki kesamaan dengan film Disney terdahulu, once-upon-a-time film, tapi Moana bukanlah film tentang putri yang mendambakan pangeran tampan ataupun ‘win her as a trophy’ kind of film, tapi lebih tipe film ‘girl on a mission’ . Bukan dari sekedar itu, tapi juga menghadapi permasalahan yang sama dengan masalah perempuan yang dilarang ke luar ‘rumah’ karna dunia di luar itu menyeramakan.

      Cerita petualangan di film ini begitu memikat dan bisa membuat penonton dewasa terpuaskan. Terakhir kali saya rasakan nonton film animasi yang nonton di bioskop se-menghibur dan begitu se-menyenangkan ini adalah Wreck-It-Ralph. Di film Moana ini paling suka ada bagian di tengah film yang mirip versi mini dari Mad Max: Fury Road, bukan hanya tampilan visual saja tapi juga suara musiknya juga mirip banget (coba dengar lagu tema film ini berjudul “Kakamora” dari awal mirip Mad Max terutama pas 1 menit 23 detik).

      Selain itu film ini banyak sekali unsur komedi yang ditampilkan, walau sedikit mengarah ke slapstick tapi bisa kena sasaran (gak kayak waktu nonton komedi Indonesia sekarang ini). Bukan hanya humor slapstick aja, tapi ada humor yang saya anggap ‘jenius’ tentang “tweeting” dan “If you wear a dress and have an animal sidekick, you’re a princess.”

      Film animasi Disney tak lengkap tanpa lagu-lagu khas Disney. Di film Moana, lagu memiliki peranan yang penting dalam menciptakan keaslian latar tempat suatu daerah di Pasifik, selain tampilan visualnya. Lagu dan music khas Pasific –kalo pernah dengar musik-musik Hawai ya macam begitulah musiknya—bukan hanya menambah keakuratan film ini, tapi juga menambah keasikan dan nilai tambah tersendiri. Walau mungkin gak se-powerfull “Let It Go”, tapi lagu “How Far I’ll Go” dan “We Know The Way” masih terngiang sampai sekarang.

“Dua film Disney dalam setahun bukan berarti Disney kehabisan ide dan akan menampilkan hal yang hampir mirip pada keduanya. Zootopia dan Moana merupakan dua film yang benar-benar fresh yang ditawarkan Disney. Terlebih lagi melalui Moana, Disney tidak memberikan mimpi bagi anak-anak perempuan untuk menjadi seorang princess dan menantikan seorang pangeran. Perempuan bukan hanya sebuah ‘trophy’, tetapi sesungguhnya bisa melakukan jauh lebih daripada itu. Suatu saat jika saya punya anak perempuan, kelak saya pasti akan ajak dia nonton film ini.”

Rating Film:   ‏★★★★½

P.S. diharapkan masuk bioskop sebelum film mulai karena ada short animation yang sangat cocok bagi kalian yang kurang piknik :)) Selain itu kalo ada waktu luang, coba nunggu sampe akhir credit karna ada tambahan adegan, yang walau menggemaskan tapi tidak terlalu signifikan seperti film Marvel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s