[Ulasan Film] Passengers

passengers-poster-small
Foto oleh Columbia Pictures

      Konon, Passengers merupakan salah satu film yang paling ditunggu tahun ini. Naskah film Passengers sendiri sebenarnya sudah jadi sejak 2007 dan menjadi salah satu naskah yang masuk daftar “The Black List”, yaitu daftar naskah terbaik yang belum dibuat film. Awalnya akan dibintangi Keanu Reeves dan Emily Blunt, tapi karna terdapat banyak kendala dalam pengembangan produksi maka hal itu batal. Baru sejak diambil alih Sony Pictures melalui anak perusahaannya, Columbia Pictures, pada 2014 tanda-tanda film ini akan segera dibuat menjadi jelas yang nantinya diperankan oleh aktor dan aktris Hollywood yang pamor lagi mentereng, Chris Pratt dan Jennifer Lawrence.

      Premis cerita sebenarnya menawarkan sesuatu yang menarik. Pesawat penjelajah antariksa bernama Avalon mengangkut 5.000 penumpang dan 237 kru yang memiliki tujuan menuju planet Homestead II untuk membangun koloni di sana dikarenakan Bumi sudah terlalu padat. Tetapi pada perjalanannya, 2 penumpang terbangun dari cryosleep mereka, 90 tahun sebelum sampai tujuan. Terbangun lebih cepat 90 tahun dan tak bisa kembali cryosleep membuat panik dan ketakutan bakal tua dijalan, literally. Melihat sinopsis dan ditambah trailer yang cukup menjanjikan membuat saya menantikan film ini.

      Berbeda dengan ekspektasi awal, film ini bukanlah film cerebral sci-fi (bukan mind-blowing yaaa) macam The Martian, Interstellar, ataupun Gravity. Cerita yang disuguhkan pada bagian awal dan pertengahan film masih menarik, malah bisa dikatakan sangat menarik. Bagaimana 2 penumpang ini terbangun dari cryosleep menyuguhkan konflik yang mantap. Juga bagaimana 2 insan ini ‘bertemu’ menimbulkan pertanyaan tentang kesepian serta moralitas, yang mungkin bagi yang gak terlalu ambil pusing bakal menganggap itu romansa yang sweet tapi bagi penonton yang kebanyakan mikir kayak saya menganggap hal itu creepy stalker. Lelaki normal mana yang tak tertarik saat pertama kali melihat Jennifer Lawrence dalam situasi yang dialami Chris Pratt? Untungnya juga Chris Pratt juga

      Walau begitu chemistry dan kualitas akting dari Chris Pratt dan Jennifer Lawrence jujur saja sangat membantu menghidupkan romansa dalam film yang disebut “Titanic in Space” ini. Walau banyak yang cheesy dan sudah digunakan banyak film romansa lainnya, tapi 2 sosok ini masih bisa membuatnya terasa manis. Pemilihan latar luar angkasa juga bisa dimaklumin, bahkan menurut saya film ini harus berada di luar angkasa.

      Meski ceritanya gak njlimet dan ga ada twist yang bikin otak melilit, tapi cerita yang disuguhkan masih menarik, setidaknya sampai third act. Third act film ini bukan naskah asli yang ditulis Jon Spaihts tahun 2007 yang bisa dikatakan lebih dark, melainkan dirombak menjadi third act bombastis tipikal film-film blockbuster. Tidak ada konklusi yang memuaskan atas konflik yang terjadi pada pertengahan film dan semua berakhir seperti kebanyakan film lainnya. Ending yang bagus bukanlah yang bahagia, tetapi yang memiliki justifikasi yang memuaskan, dan film ini tak mempunyai itu.

Passengers mungkin akan membuat penonton terkejut. Bukan karna ceritanya yang bikin pusing, tetapi karna film ini ‘hanya’ film romansa berlatar luar angkasa. Walau begitu Passengers merupakan film romansa yang diperankan dengan manis oleh Chris Pratt dan Jennifer Lawrence, dibalut dengan konflik apik serta tampilan visual yang indah. Meski begitu, third act yang ‘melenceng’ dari konflik awal cukup mengganggu konflik yang sudah dibangun dengan apik. Tampilan visualnya walau indah tetapi tidak cukup indah macam Gravity atau Interstellar, meskipun adegan kolam renang di gravitasi 0 mungkin bakal jadi salah satu yang diingat dalam sejarah perfilman.”

Rating : ★★★☆☆

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s