[Ulasan Film] Resident Evil: The Final Chapter

RealD3D_FullColor-B
Foto oleh Sony Pictures

                Resident Evil: The Final Chapter ini bisa dibilang film keluarga, secara harfiah. Paul W. S. Anderson kembali menjadi sutradara dan penulis naskah (Paul Anderson menulis semua naskah seri Resident Evil dan menjadi sutradara seri ini 4 kali). Milla Jovovich, yang juga istri Paul Anderson, kembali memerankan tokoh Alice, serta anak mereka, Ever Anderson, juga ikut serta dalam film ini memerankan sosok Red Queen.

                Saya masih menikmati Milla Jovovich sebagai tokoh utama dan ini salah satu motivasi saya nonton film ini. Diusia 41 tahun, Milla Jovovich makin matang dan makin terlihat badass dan sangat baik sebagai tokoh utama Alice. Tapi sayangnya tokoh pendukungnya –selain Iain Glen sebagai Dr Isaac—gak ada yang menonjol dan gak ada yang bisa diingat, bahkan untuk tau namanya aja penonton gak peduli. The Final Chapter juga entah kenapa gak ada Jill Valentine, Leon S Kennedy, dan Ada Wong yang merupakan tokoh di game Resident Evil (Alice merupakan tokoh asli yang cuma ada di film) padahal ada di bagian akhir film sebelumnya Resident Evil: Retribution.  Ada sih Claire Redfield (diperankan Ali Larter), tapi karakternya bisa diganti karakter gak penting yang lain karna perannya di film ini gak banyak.

                Cerita awal sebenernya gak buruk-buruk amat sih, malah saya suka first act yang ala ala Mad Max yang bukan dikejar Warboyz tapi dikejar zombie. Tapi sayangnya setelah selesai first act, makin lama cerita makin kusut. Sebenarnya sih sejauh ini gak masalah, tapi memasuki bagian akhir tidak memberikan kepuasan bagi saya dalam penjelasannya. Sebagai penutup seri film, The Final Chapter memberikan revelation dan final fight yang biasa aja dan tidak cukup ‘wah’ sebagai akhir yang memadai. Plot twist pun juga gampang ditebak, walau revelation mengenai masa lalu Alice bisa dibilang cakep, tapi sedikit terspoiler sama postingan instagram Milla Jovovich dan gak konsisten dengan cerita Resident Evil pertama. Bisa dimaklumi sih, film ini adalah film blockbuster yang paling utama adalah untuk hiburan, urusan plot dan cerita itu nomor sekian.

                Sebagai film yang mengandalkan action sequence sebagai ‘jualan’ utama, The Final Chapter cukup menjanjikan. Film ini juga terlihat lebih horror dari film sebelumnya, yah walaupun banyak mengandalkan jump scares tapi jujur beberapa kali saya kaget. Paul Anderson yang sebelumnya senang menggunakan adegan slow motion kali ini bereksperimen dengan camerawork yang cepat dan shaky. Hal ini berhasil meningkatkan ketegangan, tetapi sebagai akibatnya pada adegan fighting gak terlalu terlihat dengan jelas jadi malah blurry dan bikin pusing pada beberapa bagian.

                Visual The Final Chapter ini jauh lebih baik daripada seri sebelumnya (khususnya Resident Evil: Afterlife) yang menggunakan efek visual yang terlihat palsu. Di The Final Chapter ini efek visualnya lebih believable dengan pemandangan post-apocalyptic, walau masih ada 2 scene diakhir yang kembali terlihat palsu.

My name is Alice, and this is my story. The end of my story”. Benarkah?

Rating: ★★★☆☆

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. Udin says:

    Kesal GW MA film nya,,,, Uda lama nggu,, ehk malah g ada leon sama ada wong,,, yg bagus bngat,, yg entah kemana alur cerita pusing GW,, yg 5 sampe abies habisin zombie-zombie perang terakhir kan enak ada leon MA ada wong,,,, malah nggung ,,,, anjir. La kesal GW,,, di kirain lanjut cerita capter 5,, dan lma nggu Uda senang Uda kluar ,,,g tau nya mengecewakan,,,

    Like

  2. Kayanya bakal ada resident evil lain, tapi pemeran utamanya bukan alice. Claire pasti bakal cari abangnya. Leon bakal berperan sama ada wong.

    Like

  3. Rudiansyah says:

    Ah ga ada leonya si??

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s