[Ulasan Film] Logan

loganposter2
Foto oleh 20th Century Fox

      Hugh Jackman tidak bisa terlepas dari tokoh Wolverine –tokoh yang sudah ia perankan sejak pertama kali muncul di X-Men tahun 2000—dan bisa dibilang merupakan salah satu tokoh ikonik dalam dunia perfilman. Bahkan sering dikatakan bahwa ada banyak Superman, Batman, atau Spider-man, tapi hanya ada satu pemeran Wolverine. Sayangnya setelah 17 tahun, Hugh Jackman memutuskan bahwa Logan akan menjadi film terakhirnya sebagai mutant yang memiliki cakar adamantium ini.

      Bersetting di tahun 2029 dimana mutant banyak yang musnah dan yang masih hidup dalam kondisi yang tak baik, film Logan bercerita mengenai kesulitan sang tokoh utama untuk menjalani hidupnya senormal mungkin selagi masih dibayangi bahwa dirinya adalah seorang mutant. Pemilihan judul Logan menekankan bahwa ini kisah personal sang mutant pada saat ia bukanlah Wolverine seperti dahulu lagi.

    Untuk penampilan terakhirnya sebagai Wolverine, Hugh Jackman berhasil membawakan Logan yang terlihat tua dan tidak lagi terlihat kuat dan sangar. Professor X (juga terakhir kalinya diperankan Patrick Stewart) tak jauh berbeda, walau dulunya dikenal sebagai the most brilliant mind on earth tapi justru bermasalah dengan pikirannya dan berubah menjadi layaknya grumpy old man pada umumnya. Walau 2 tokoh ini berperan sangat apik dan berhasil menimbulkan simpati penonton, tapi Dafne Keen sebagai Laura lah yang mencuri perhatian. Meski hampir tak berkata sepanjang film, tapi gerak tubuh dan ekspresinya lah yang membuat ia menonjol.

       James Mangold berhasil memanfaatkan rating R (Restricted) dengan baik, hal yang tidak dimiliki 2 film solo Wolverine sebelumnya. Akhirnya penonton –khususnya fans—bisa melihat aksi Wolverine yang brutal dan berdarah, something what his claws capable of. Walau tanpa visual effect macem-macem, adegan aksinya keren dengan koreografi yang tepat, sesuatu yang fresh disaat film superhero lainnya lebih mengandalkan efek CGI dan hampir semua final fightnya selalu bombastis dan kehancuran massal. Logan lebih mirip film mata-mata macam Bond atau Bourne, tapi sukanya nusuk kepala orang. Walau lebih sakit ditusuk dari belakang sih. Eh.

       Walaupun lebih brutal dari seri film Wolverine sebelumnya, tapi bukan berarti Logan merupakan film yang dark dan gritty. Bahkan film ini merupakan film dengan pendekatan personal yang diselingi beberapa guyonan ringan dan moment menyentuh serta emosional. Terakhir nonton film superhero yang berhasil menggunakan formula kisah personal menurut saya sih Spider-Man 2, dan Logan berhasil mengulangi perasaan yang sama. Tapi sayangnya 2nd act Logan sedikit terasa agak dragging dan lambat, walau masih enak untuk diikuti.

       Logan bukan merupakan film superhero berbaju ketat yang mau menyelamatkan dunia dari kehancuran, tapi ini merupakan film drama berbalut kisah superhero. Kalo berharap ada aksi macam film-film X-Men mungkin film ini terasa membosankan, bahkan sampe final fight gak ada aksi bombastis. Barengan saya yang cowok-cowok pada suka dan mengikuti, tapi yang cewek bilang bosen dan lebih sering buka hp, bahkan bapak2 di row atas ketiduran sampe ngorok. Bagi yang sudah agak bosen lihat superhero yang full effect, film ini bisa jadi solusinya. Kapan lagi nonton film X-Men paling brutal sekaligus paling sentimentil? Walaupun sayang gak ada adegan Wolverine mati dengan gaya duduk di antara 2 sujud. Hahaha.

Rating: ★★★★☆

P.S. : Tenang, bagi yang lupa atau belum nonton film X-Men atau film Wolverine sebelumnya, gak masalah soalnya yang berhubungan paling cuma serum yang ada di bagian post-credit X-Men Apocalypse, yang walau gak tau juga gak masalah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s