Rekomendasi Film Mind Blowing

on

Film bagus berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang menganggap film bagus itu yang seru yang penting action ‘jedar jeder’ atau ‘boom’, ada yang prefer film dengan cerita yang bagus, atau yang menyukai keduanya. Saya termasuk yang menyukai keduanya. Ide cerita yang menarik bisa dinikmati penonton tergantung preference, reference, atau mood penonton. Bisa saja film yang memiliki kesan luar biasa bagi seseorang tapi biasa saja bagi orang lain, atau bahkan biasa saja pada suatu waktu tapi luar biasa pada waktu lain saat moodnya lebih baik. Berikut ini daftar rekomendasi film yang menurut saya mind blowing (luar biasa, intense, overwhelming):

  1. Memento (2000)

Director: Christopher Nolan

Writers: Christopher Nolan (screenplay), Jonathan Nolan

Stars: Guy Pearce, Carrie-Anne Moss, Joe Pantoliano

memento

Memento mengisahkan seorang penderita amnesia yang memburu orang yang menyerangnya dan membunuh istrinya. Film ini adalah film yang memeras otak dengan indahnya. Dengan alur cerita yang bolak balik, setiap scene yang ditampilkan mengajak penonton berteori atas apa yang terjadi dengan sang tokoh utama. Saat alur cerita maju, penonton ‘digiring’ seolah-olah mengerti ceritanya, tapi kemudian alur mundur dan penonton tertipu. Begitu terus berkali-kali, kampret tapi menyenangkan.

  1. The Game (1997)

Director: David Fincher

Writers: John Brancato, Michael Ferris

Stars: Michael Douglas, Deborah Kara Unger, Sean Penn

game

Orang yang kesepian dan punya tingkat emosi yang tinggi itu butuh piknik. Conrad (diperankan Sean Penn) memberikan hadiah kepada kakaknya, Nicholas van Orton (Michael Douglas), sebuah tiket ‘permainan’ yang disediakan oleh suatu perusahaan yang menawarkan cara rekreasi yang baru. Jenis permainan role-playing ini cukup mencurigakan, terutama setelah Nicholas menghubungi perusahaan tersebut hidupnya malah penuh terror. Apakah ini memang sebuah permainan ataukah memang ada yang mengincar nyawanya? Setelah film berakhir, hanya kata ‘s*it’ yang pertama keluar dari mulut saya.

  1. The Truman Show (1998)

Director: Peter Weir

Writer: Andrew Niccol

Stars: Jim Carrey, Ed Harris, Laura Linney

truman_show_ver1

Jika acara reality show sekarang ini banyak yang kehilangan makna reality karna disetting sedemikian rupa sehingga menarik, tidak dengan ide cerita The Truman Show. Film ini mengisahkan kehidupan Truman (Jim Carrey) yang setiap kegiatannya selalu direkam oleh kamera tiap detiknya, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dari ia lahir hingga dewasa. Apa yang membuat film ini begitu keren bagi saya adalah karna ini merupakan salah satu ide cerita paling jenius, mulai dari bagaimana kehidupan Truman disetting sedemikian rupa tanpa sepengetahuan Truman hingga penjelasan bagaimana semua ini dimulai. Mungkin revelationnya gak twist tapi lebih ke bikin menggumam “jenius”, tapi percayalah ini film yang menyenangkan.

  1. Eternal Sunshine of Spotless Mind (2004)

Director: Michel Gondry

Writers: Charlie Kaufman , Michel Gondry, Pierre Bismuth

Stars: Jim Carrey, Kate Winslet, Mark Ruffalo, Elijah Woof, Kirsten Dunst, Tom Wilkinson

eternal_sunshine_of_the_spotless_mind_ver4

Ketika mengalami putus cinta ataupun sakit hati yang begitu hebat, pasti ada keinginan untuk menghapus ingatan tentang dia dan kenangan bersama dia. Itulah yang dilakukan Clementine (Kate Winslet) dan Joel Barish (Jim Carrey) untuk melakukan prosedur penghapusan memori tentang masing-masing. Dibalut dengan nuansa sci-fi, film ini bukanlah film romansa yang biasa. Walaupun dengan balutan sci-fi, film ini tidak begitu memusingkan, malah alur ceritanya begitu nyaman diikuti. Yang menjadikan film ini begitu ‘wah’ adalah bagaimana mengingatkan kita bahwa ketika kita sudah terlalu lama mencintai seseorang, kita lupa hal apa yang membuat dia begitu istimewa, dan seringnya terlambat untuk disadari.

  1. Identity (2003)

Director: James Mangold

Writer: Michael Cooney

Stars: John Cusack, Ray Liotta, Amanda Peet, John Hawkes, Alfred Molina, Clea DuVall

identity

Identity mengisahkan 10 orang asing terperangkap di sebuah motel dikarenakan cuaca yang buruk, dan kemudian suatu rentetan kejadian menimpa mereka dan satu persatu dari mereka terbunuh. Dari yang nampaknya pembunuhan secara random, tapi ternyata ada hal yang menghubungkan ke-10 orang asing tersebut. Film ini adalah contoh film yang membuat penonton menerka-nerka, dan ketika penonton merasa sudah tau, bakal dibantahkan dan membuat kembali bertanya-tanya. Mulai dari setting dan pelakunya saya curiga, tapi ketika semua terungkap benar-benar mengejutkan saya.

  1. Triangle (2009)

Director: Christopher Smith

Writer: Christopher Smith

Stars: Melissa George, Joshua McIvor, Jack Taylor

triangle-poster-1

Memanfaatkan mitos dan kemisteriusan Segitiga Bermuda, Triangle menyuguhkan film dengan cerita paling kampret yang bikin nggumam “yaelah bro..” sepanjang film. Mengisahkan sekelompok pemuda yang terjebak di tengah laut dikarenakan kapal yang mereka tumpangi terguling, dan kemudian ‘terselamatkan’ oleh sebuah kapal pesiar yang kebetulan melintas. Di kapal pesiar tersebut terjadi hal misterius yang terjadi kepada sekumpulan muda-mudi ini, dan mereka terjebak ‘loop’ terus menerus. Apakah mereka bisa selamat dan terlepas dari kejadian yang berulang-ulang ini, ataukah mereka akan terjebak selamanya?

  1. Oldboy (2003)

Director: Chan-wook Park

Writers: Garon Tsuchiya (story), Nobuaki Minegishi (comic) Chan-wook Park, Chun-hyeong Lim, Jo-yun Hwang (Screenplay)

Stars: Min-sik Choi, Ji-tae Yu, Hye-jeong Kang

oldboy-movie-poster-2003-1020263711

Manusia pasti pernah mengalakukan kesalahan ke orang lain, baik itu sengaja atau tidak sengaja, baik itu dampaknya kecil atau meninggalkan bekas mendalam bagi orang lain. Ketika akan pulang menemui putrinya yang berulang tahun, Dae-su Oh (Min-sik Choi) diculik dan kemudian disekap selama 15 tahun. Setelah dibebaskan, Dae-su mencari siapa yang menyekapnya dan atas dasar apa. Yang tidak ia sadari, ia merupakan ‘korban’ balas dendam atas kesalahan masa lalunya, dan balas dendam baru dimulai ketika ia dibebaskan. Ketika semua mulai terungkap, ini adalah cara balas dendam yang bisa dibilang ‘apple to apple’ tapi sungguh kejam.

  1. A Beautiful Mind (2001)

Director: Ron Howard

Writers: Akiva Goldsman, Sylvia Nasar (book)

Stars: Russell Crowe, Ed Harris, Jennifer Connelly, Paul Bettany

beautiful_mind

Mengisahkan kisah nyata seorang mathematician penerima nobel dalam bidang ekonomi, John Nash, yang diangkat dari buku dengan judul yang sama. John Nash (Russel Crowe) merupakan mahasiswa Princeton University yang jenius tapi asocial. Hidupnya seketika berubah ketika ia direkrut oleh agen pemerintah US untuk memecahkan sandi dari musuh Negara. Karena saya lebih dahulu nonton The Imitation Game dan cuma tahu nama John Nash tanpa tau kisahnya, saya kira bakalan mirip itu, seorang jenius yang membantu memenangkan perang. Tapi ternyata ketika alasan ia ‘direkrut’ jadi agen pemerintah terungkap, saya benar-benar tak menyangka.

  1. Primal Fear (1996)

Director: Gregory Hoblit

Writers: William Diehl (novel), Steve Shagan, Ann Biderman (screenplay)

Stars: Richard Gere, Laura Linney, Edward Norton

primal_fear

Sebenernya sejak awal sudah menduga ceritanya bakal berjalan kayak gimana, karna ide ceritanya seperti ini sudah banyak yang pakai. Makanya setelah dijelaskan di tengah film, saya gak kaget. Walau begitu film masih bisa diikuti karna film tentang persidangan  bisa diceritakan dengan enak, dengan bantuan acting keren dari Richard Gere dan Laura Linney sebagai pengacara yang berseteru. Tapi ketika film akan berakhir dengan biasa, ternyata masih ada ‘twist’ yang tersembunyi. Pada akhirnya bukan acting Richard Gere ataupun Laura Linney yang membuat film ini keren, tapi ‘akting meyakinkan’ dari debut film layar lebar Edward Norton lah yang membuat film ini sukses menyajikan akhir yang tak terduga.

  1. The Butterfly Effect (2004)

Directors: Eric Bress, J. Mackye Gruber

Writers: J. Mackye Gruber, Eric Bress

Stars: Ashton Kutcher, Amy Smart, Melora Walters, Elden Henson, Logan Lerman

butterfly_effect

Butterfly Effect merupakan istilah yang menyebutkan bahwa suatu kejadian kecil bisa mengakibatkan suatu efek yang besar. Evan Treborn (Ashton Kutcher) sering mengalami ‘blackout’ saat ia kecil, dan atas rekomendasi dokternya ia menulis jurnal apa yang ia lakukan tiap harinya. Saat ia dewasa ia menemukan bahwa jurnal ini akan membantu ia kembali ke masa tersebut dan mengubah kejadian di masa lalu. Ketika ia mengubah kejadian masa lalunya, hidupnya berubah drastis tapi selalu saja ada hal buruk yang menimpa dirinya atau orang-orang yang ia sayangi. Apa yang harus ia lakukan untuk melindungi orang-orang yang ia sayangi tersebut? Ketika film memasuki akhir, baru tersadar bahwa dialog dipertengahan film merupakan jawabannya.

  1. Ex Machina

Director: Alex Garland

Writer: Alex Garland

Stars: Alicia Vikander, Domhnall Gleeson, Oscar Isaac

mv5bmtuxnzc0otixmv5bml5banbnxkftztgwndi3nzu2nde-_v1_sy1000_cr006741000_al_

Seorang CEO perusahaan search engine bernama Nathan (Oscar Isaac) memilih karyawannya dalam sebuah undian, dan terpilihlah Caleb (Domhnall Gleeson) yang kemudian dihadapkan dengan sebuah Artificial Intelligent bernama Ava (Alicia Vikander) dan menguji pemikiran dan alam bawah sadar sang AI. Walaupun ini merupakan film sci-fi, Ex Machina lebih mengedepankan ide cerita dibandingkan visual effect. Kalo dijelaskan bagaimana jalan ceritanya dan apa yang bikin menarik, bisa panjang tulisan saya. Tapi percayalah ini merupakan salah satu film yang layak kalian tonton.

  1. Mr Nobody

Director: Jaco Van Dormael

Writer: Jaco Van Dormael

Stars: Jared Leto, Sarah Polley, Diane Kruger, Juno Temple, Rhys Ifans, Natasha Little

mv5bmtg4odkzmdq3nl5bml5banbnxkftztgwntewmtkxmde-_v1_sy1000_cr006751000_al_

Dari daftar rekomendasi film ini, menurut saya Mr Nobody ini adalah film yang memiliki cerita yang paling kusut dan bikin bingung. Nemo Nobody (Jared Leto) adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk mengetahui hidupnya di ‘parallel universe’, yang mana hidupnya di ‘parallel universe’ ini bergantung dengan keputusannya di suatu titik dalam hidupnya. Ketika cerita kusut (dalam artian menarik) di tengah film saat Nemo ‘berpindah’ dari ‘universe’ satu ke ‘universe’ lainnya, saat yang sama timbul pertanyaan kenapa ia bisa mempunyai ‘kemampuan’ seperti ini. Ketika semua terungkap, saya merasa dibohongi.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s