[Ulasan Film] Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales

pirates_of_the_caribbean_dead_men_tell_no_tales_ver3
Foto oleh Walt Disney Pictures

                Dalam petualangan kelimanya kali ini, Jack Sparrow (Johnny Depp) bertemu Henry Turner (Brenton Thwaites) –yang merupakan anak dari Elizabeth Shaw (Keira Knightley) dan Will Turner (Orlando Bloom)—yang kemudian meminta bantuannya dan dipandu oleh seorang astronomer bernama Carina Smyt (Kaya Scodelario) untuk mencari Trisula Poseidon yang menurut legenda bisa mematahkan semua kutukan lautan. Dalam perjalanan mereka mengarungi lautan, mereka berjumpa Captain Barbossa dalam misi pribadi menyelamatkan diri dari Captain Armando Maradona Salazar (Javier Bardem), sesosok ‘hantu’ yang memiliki dendam kepada Jack Sparrow yang di masa lalu membuat Salazar menerima kutukan.

                Dari cerita, Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge (atau Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales, yang mana aja boleh) kembali ke formula film pertamanya, cerita yang ringan dengan banyak guyonan di sepanjang film. Kalo noleh dibilang sih, film ini merupakan The Force Awakens-nya “Pirates”. Mengulangi formula yang sama bukanlah hal buruk, malah menambah nilai nostalgia setelah seri terakhir Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides ceritanya sama sekali saya gak ingat, kecuali ada putri duyung dan Penelope Cruz.

                Walau cerita sudah asik dengan kembali ke formula film pertamanya, tapi untuk adegan action masih agak kurang ‘nendang’. Paling asik paling cuma adegan mengambil bank (secara harfiah, beneran deh) dan kemudian adegan eksekusi mati itu konyol tapi asik. Bagi saya pribadi adegan action yang gak begitu asik lebih karena penggunaan CGI yang gak believable. Waktu adegan di siang hari sangat terlihat jelas CGI-nya, waktu adegan malam ya terlalu gelap (mungkin masalah proyektor di bioskopnya atau memang terlalu gelap dari sononya saya gak tau).

                Selain adegan action yang kurang ‘nendang’, Johnny Depp juga gak biasa-biasanya kurang ‘nendang’. Jack Sparrow masih ngeluarin banyak-banyak celetukan one-liner yang kocak, tapi ya gitu Johnny Depp tampil biasa aja. Entah ini karena dia udah capek, saya yang sudah terlalu biasa lihat ‘tingkah laku’ Jack Sparrow, atau selama syuting masalah pribadi Depp yang lagi heboh itu mengganggu pikirannya. Tapi untungnya Brenton Thwaites sebagai penerus Orlando Bloom memiliki hal yang sama dengan Bloom serta Kaya Scodelario yang karakternya ‘menyenggol’ masalah feminisme terus menerus. Javier Bardem juga walaupun kadang CGInya masih kasar, tapi aura kejamnya sama kayak waktu dia meranin musuh James Bond di Skyfall.

                “Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge membangkitkan rasa nostalgia para penonton yang merindukan formula seperti film pertamanya. Walau performa Johnny Depp terasa agak biasa, tapi Kaya Scodelario dan Brenton Thwaites membawa vibe  yang sama seperti yang pernah diberikan oleh Keira Knightley dan Orlando Bloom. Walau cerita masih asik untuk diikuti, tapi sayangnya gak diimbangi dengan action stage yang memukau, terlebih beberapa bagian CGInya masih kasar. Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge masih asik untuk yang menyukai film ‘Pirates’, terlebih film pertamanya. Good, but could be better.”

Ada after credit scene di paling ujung, walau menurut saya gak begitu penting sih, tapi menunggu credit selesai sambil dengerin theme Pirates dengan sound yang menggelegar cukup setimpal bagi saya.

3 half star

Rating: PG-13 (for sequences of adventure violence, and some suggestive content)

Genre: Action & Adventure

Sutradara: Espen Sandberg, Joachim Rønning

Penulis Naskah: Jeff Nathanson

Pemain: Johnny Depp, Geoffrey Rush, Javier Bardem, Kaya Scodelario, Brenton Thwaites

Durasi: 135 minutes

Studio: Walt Disney Pictures

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s