[Ulasan Film] Wonder Woman

on

wonder_woman_ver6_xlg
Foto oleh Warner Bros. Pictures

                Themyscira merupakan sebuah tempat yang tersembunyi dari umat manusia, dan merupakan tempat tinggal bangsa Amazon yang semuanya merupakan wanita petarung. Sampai pada akhirnya tempat mereka tidak sengaja dimasuki Steve Trevor (Chris Pine) yang terdampar dan ditolong oleh Diana (Gal Gadot). Tak mengetahui keadaan dunia luar, Diana terkejut mendengar cerita Trevor jika dunia dalam peperangan besar. Diana yang menilai peperangan disebabkan oleh dewa perang Ares, meminta Trevor membawanya ke ‘dunia luar’ dengan tujuan membunuh Ares dan berharap perang akan berakhir.

                Cerita Wonder Woman ini lebih ringan dan mulai menemukan porsi seimbang antara serius dan santai, dibandingkan film-film DC Extended Universe sebelumnya. Banyak guyonan-guyonan ringan, terutama tingkah laku Diana ketika pertama kali melihat dunia di luar tempat tinggalnya. Pengembangan karakter dari Diana yang lugu (mungkin bisa dibilang ndeso) ke Diana yang sudah ‘jadi’, asik banget. Karakternya juga gak terlalu serius, tapi gak trying to be funny kayak Suicide Squad. Saya suka interaksi antara Gal Gadot dan Chris Pine serta kompatriotnya Said Taghmaoui, Ewen Bremner, Eugene Brave Rock serta Lucy Davis. Tapi sayang namanya juga film origin, ada beberapa bagian pacenya agak lambat yang jadi bikin bosen, dan saya rasa kalo dihilangkan pun gak mengurangi esensi cerita.

                Walau bobot cerita beda dengan film-film DCEU sebelumnya, tapi adegan kelahi dan tampilan CGI masih kerasa DCEU banget: slow motion, adegan tubir yang ‘heboh’, dan CGI yang masih kasar. Kemunculan ‘perdana’ Wonder Woman di medan perang bernama No-Man’s-Land masih keren, tapi bagian final battle walau skalanya lebih besar tapi sayangnya underwhelming, sangat klise, dan lack of urgency. Mosok 2 orang lagi perang secara dahsyat, tapi tentara-tentara sekitar masih dengan tenang melaksanakan tugasnya. Bahkan ini terjadi sejak awal waktu lihat kekuatan Wonder Woman, gak ada gitu masyarakat sekitar yang kagum (atau takut) atau setidaknya bertanya-tanya kenapa dia bisa punya kekuatan seperti itu.

      Bagian terbaik dari film ini adalah Gal Gadot dan senyumnya. Patty Jenkins sebagai sutradara pun pintar ‘mengeksploitasi’ kelebihan Gal Gadot ini, dan selagi dia sering pakai pakaian tempur yang minim bahan tapi shootnya gak mengeksploitasi tubuhnya, cukup lihat wajah Gal Gadot saja sudah banyak yang meleleh kok. Terlebih lagi adegan Gal Gadot dipakein kacamata pas mencoba membaur dengan memilih pakaian yang ‘normal’, 1 perempuan dan 3 laki-laki (termasuk saya) secara hampir bersamaan berkomentar ‘anjir cantik banget’.

“Wonder Woman merupakan tambahan yang fresh untuk DCEU untuk melepas image film-film mereka yang selalu dark and gritty. Walau masih menggunakan adegan kelahi yang masih mirip film DCEU sebelumnya, tapi ada sentuhan guyonan-guyonan yang dieksekusi dengan baik. Dengan 3rd act yang underwhelming dan cerita yang agak bertele-tele, adanya Gal Gadot dengan senyum indahnya sangat menyelamatkan saya dari rasa bosan. Walau banyak kritikus yang menilai Wonder Woman adalah seri terbaik DCEU, tapi bagi saya Man of Steel masih yang terbaik dan diikuti Batman v Superman dan Wonder Woman dalam posisi seimbang (Suicide Squad lupakan saja).”

3 half star

Stars: Gal Gadot, Chris Pine, Robin Wright, Connie Nielsen, David Thewlis, Said Taghmaoui, Ewen Bremner, Eugene Brave Rock, Lucy Davis

Rating: PG-13 (for sequences of violence and action, and some suggestive content)

Genre: Action & Adventure, Drama, Science Fiction & Fantasy

Sutradara: Patty Jenkins

Penulis naskah: Allan Heinberg, Zack Snyder, Jason Fuchs

Durasi: 141 minutes

Studio: Warner Bros. Pictures

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s